Salam Sahabat

Assalamualaikum
Yo opo kabar e "Prend"


Jumat, 15 Agustus 2008

Sosialisasi hukuman

Ditulis Tanggal 15 Agustus 2008 oleh Mirza Buchori

Setiap kali browsing berita, hampir selalu juga ketemu berita mengenai masalah hukum, apakah mengenai pembunuhan, perampokan, pemerkosaan, artis yang menggugat siapa, Koruptor yang mengelak secara mamalukan untuk lepas dari jerat hukum, lengkap baik dari dalam maupun luar negeri, wuih sumpek juga ya kenapa nggak berita menggembirakan saja yang selalu muncul biar semua orang juga jadi bahagia.

Meski saya seorang sarjana, saya adalah orang yang sangat kurang mengerti dengan hukum. Jika kemudian saya misal menghindari untuk mencuri, menipu atau hal lain yang akan merugikan orang lain itu lebih karena saya merasa perbuatan semacam itu memang perbuatan yang salah menurut saya pribadi. Jika ada yang berfikir saya tidak melakukannya karena saya
paham dengan hukum2 perundang2an yang mengatur itu misal mencuri akan di kenakan pasal ini dan itu dll itu tidak benar, saya sama sekali tidak tahu pasal2 mana, apa hukuman bagi pencuri, pembunuh, wah pokoknya nol besar deh. Mungkin bisa di bilang bahwa bagi saya hukum adalah sesuatu yang exlusive.

Saya adalah orang yang kurang mengerti dengan hukum, tetapi menurut saya sebenarnya hukum itu pun adalah peraturan juga dalam arti kalau kita pandang hukum sebagai suatu kumpulan kesepakatan dari pembuatnya yang hanya berisi hukuman2, pengacara, hakim, jaksa, wah saya rasa itu justru akan membuat hukum itu menjadi sesuatu yang terlalu exlusive sehingga meski konsekwensi terhadap pelanggarannya berat tetapi masyarakat jarang yang tahu karena exlusivitanya tersebut. Coba bayangkan jika hukum itu di pahami secara sama dengan peraturan2 yang umum, misal: peraturan lalu lintas, apa sih sebabnya kita tidak boleh ngebut??? oh bisa terjadi kecelakaan kita dan orang lain bisa rugi karenanya atau Peraturan
di kantor: jangan sering2 bolos kalau tidak mau ke SP atau pecat. Semua itu kan peraturan yang sudah umum mungkin karena sudah seringnya kita tersosialisasikan mengenai peraturan2 itu sehingga kita mudah mengingatnya kenapa dan konsekwensinya apa bagi kita. Kita jadi mudah mengikutinya dan kalaupun ada yang kena sangsi kita sudah nggak ribut lagi karena sudah sama2 tahu.

Nah semakin beragamnya berita mengenai masalah hukum di media2, menurut saya beberapa hal yang exlusive itu sudah waktunya untuk di buat merakyat. Bagaimana caranya??? tentunya adalah dengan sosialisasi. Ya semakin banyaknya kasus pembunuhan malah sampai ada yang berantai, kasus korupsi, perampokan dll menurut saya kejahatan2 semacam itu sudah waktunya untuk di sosialisasikan konsekwensinya jika peraturan2 mengenai kejahatan2 itu di langgar.

Bagaimana melakukannya, misal setiap akhir laporan berita kejahatan sebelum beralih ke berita selanjutnya di berikan slide dan penjelasan dari ahli hukum yang menjelaskan secara singkat mengenai hukuman2 bagi yang melanggarnya, semua jenis kejahatan di buatkan slide-nya, setiap jenis kejahatan itu di beritakan setiap akhir pemberitaan berita itu juga di putar slude itu, nggak perduli sesering apa kejahatan itu terjadi sehingga sering di putar di televisi. Yang penting
buat supaya masyarakat itu familiar dengan peraturan2 dan hukumannya tanpa harus perlu berfikir panjang untuk susah untuk mengingatnya.

Setelah hukum itu telah tersosialisasikan, maka tidak perlu lagi memperdebatkan apakah si terdakwa layak dengan hukuman ini dan itu karena kita sudah sama2 tahu resikonya. Lihat saja yang terjadi baru2 ini, sudah jelas2 pembunuhan berantai atau sadis bisa di dakwa hukuman mati, setelah terdakwa di vonis mati ... eh ada saja yang nggak setuju karena katanya bertentangan dengan kemanusiaan. Ada buanyak hal yang bisa di perdebatkan mengenai masalah2 sosial, karena itu perlu sekali adanya kesamaan pandangan sehingga nggak perlu muter2 debat sana sini. Kalau memang kita menerapkan hukuman mati ya laksanakan, kalau memang di vonis seumur hidup ya masukan segera ke penjara.

Kenapa saya optimis dengan tersosialisasikannya konsekwensi dari apa akibat dari tindakan2 melanggar peraturan akan membantu menurunkan tingkat kriminalitas??? karena saya yakin
setiap manusia itu melakukan segala sesuatu setelah melalui proses yang di sebut berfikir, nah
semakin banyak pertimbangan sebelum melakukan sesuatu termasuk hukuman2 yang akan menghadangnya mungkin sekali akan menghasilkan result yang lebih baik, memang ada juga orang2 yang impulsif, hajar dulu baru mikir, nah untuk orang2 semacam ini HUKUM adalah jawaban yang paling tepat.

Salam,

Tidak ada komentar: