Salam Sahabat

Assalamualaikum
Yo opo kabar e "Prend"


Jumat, 22 Agustus 2008

Kesombongan Uni Eropa

Ditulis Tanggal 23 Agustus 2008 oleh Mirza Buchori

Kemarin ada berita cukup mengejutkan dari spanyol, Spanair meledak saat lepas landas. Wow, Spanair terlalu kreatif rupanya, para penumpang tidak di antar ke negara atau kota tujuan melainkan di antar ke alam kubur. Saya sebagai orang yang tergolong sering naik turun pesawat ke pulau2 di indonesia merasa grogi juga mendengar berita ini.

Ada hal penting yang saya perlu kasih komentar mengenai masalah jatuhnya Spanair ini. Maskapai penerbangan komersial Negara kita sudah sekian lamanya di embargo oleh Uni Eropa sehingga pesawat2 kita tidak boleh mendarat di negara2 Uni Eropa. Artinya apa, kita sebagai negara sudah dilecehkan dan dikhianati oleh kesombongan mereka, mereka bukan memandang
sebelah mata ke kita tetapi mereka bahkan tidak mau memandang kita sama sekali, pokoknya ini itu ini itu titik.

Kenapa kita di Lecehkan???
Saya akui tidak semua maskapai penerbangan Indonesia mempunyai standard yang bagus, tetapi untuk yang bagus seperti Garuda ya seharusnya mereka mengakui bagus. Jangan karena ada pesawat jatuh terus di pukul rata mereka mengembargo semua maskapai penerbangan dari negara kita, itu cara yang sangat "Barbar".

Kenapa kita di Khianati???
Setahu saya di dunia ini ada dua pabrik penghasil pesawat yang produknya dipakai hampir semua negara di dunia yaitu Air bus milik konsorsium eropa dan Boeing milik amerika. Setelah kita membeli pesawat2 dari barat kemudian mereka juga yang meng-Embagro kita, mereka juga yang membuat bisnis negara kita menggunakan peralatan buatan mereka menjadi Bangkrut.
Secara intelektual saya rasa mereka orang2 barat cukup pintar untuk melihat sebuah permasalahan sehingga tidak kehilangan inti permasalahan dan tetap bisa mengambil keputusan secara adil. Tetapi kenapa untuk kasus maskapai kita mereka kok sepertinya tutup mata pukul rata semua maskapai kita seolah2 maskapai kita adalah monster udara yang siap merenggut nyawa siapa saja yang menaikinya??? Saya curiga itu ada agenda lain di balik keputusan mereka meng-Embargo maskapai kita yaitu taktik bisnis, mereka ingin me-monopoli bisnis transportasi penerbangan dari dan ke negara mereka.

Kembali lagi ke kasus Spanair.
Pertanyaannya adalah apakah Uni Eropa akan mengembargo maskapai Spanyol yang artinya mereka akan mengembargo sebagian dari mereka sendiri??? Jika mereka mengembargo Spanyol artinya mereka memang berkomitmen dengan aturan2 yang mereka buat.

Tetapi jika mereka tidak melakukan embargo apapun, maka itu membuat semakin jelas bagi kita bahwa Mereka memang tidak rela melepaskan negara2 Jajahan mereka di masa lampau dan mereka kini menjajah negara2 yang telah merdeka ini dalam bentuk lain.

Salam.

Tidak ada komentar: